Cara Mengatasi Epilepsi Atau Ayan

Posted by

Dunia Tradisional,- Cara Mengatasi Epilepsi atau Ayan, Cara Menangani Penyakit Epilepsi, Penanganan Penyakit Ayan.
Kata “epilepsi” sendiri sebenarnya merupakan istilah umum yang berarti “kecenderungan untuk kejang”.
Para dokter memperkirakan bahwa gangguan susunan saraf pusat atau otak merupakan salah satu penyebab Ayan.
Rasa gembira yang berlebih-lebihan, rasa sedih yang mendalam, gangguan sembelit dan minum-minuman yang banyak mengandung alkohol ternyata dapat mempercepat serangan Ayan. Penyakit ayan yang berat - hebat disebut grand mal dan yang bisa dinamakan orang petit mal. Ada juga faktor keturunan bagi penyakit ini.
Bila serangan ayan datang atau mendapatkan orang yang terkena ayan longgarkanlah pakaian yang melekat di badan, terutama leher bajunya. Buka mulutnya dan masukkan sapu tangan atau kain bersih yang telah digulung ke antara kedua belah giginya.
Hal itu dapat mencegah agar lidah tidak tergigit. Jagalah agar penderita tidak melukai dirinya sendiri.

Sesudah tingkatan serangan hebat berlalu, selimutilah badannya sampai ia sadar kembali. Jauhkan ia dari api (lampu, berdian) dan air (sumur, sungai, dan kolam).

Jangan makan berlebih-lebihan, berilah makan yang sederhana dan yang mudah dicerna. Berilah ia setiap hari air susu, sayuran (bayam, wortel), dan buah-buahan yang tua/masak di pohon (pepaya, pisang, jeruk manis, tomat). Usahakan ia dapat membuang kotoran dan kencing tiap hari.

Penyebab Epilepsi adalah sebagai berikut sebagaimana yang dimuat pada halaman (www.alodokter.com) :
Epilepsi dapat mulai diderita seseorang pada usia kapan saja, meski umumnya kondisi ini terjadi sejak masa kanak-kanak. Berdasarkan temuan penyebabnya, epilepsi dibagi menjadi tiga, yaitu epilepsi simptomatik, kriptogenik, dan idiopatik.

Pada epilepsi simptomatik, umumnya kejang-kejang diakibatkan oleh adanya gangguan atau kerusakan pada otak. Bertolak belakang dengan simptomatik, penyebab kejang pada epilepsi idiopatik sama sekali tidak ditemukan. Sedangkan pada epilepsi kriptogenik, meski tidak ditemukannya bukti kerusakan struktur pada otak, namun gangguan belajar yang diderita menunjukkan adanya kerusakan.

Kejang-kejang merupakan Gejala Utama Epilepsi. Sebelum kejang menyerang, ada sebagian penderita yang mengalami sensasi “aura”. Aura merupakan tanda peringatan bagi penderita epilepsi mengenai akan datangnya kejang. Lamanya aura sebelum kejang bervariasi. Ada yang hanya berlangsung beberapa detik, dan ada juga yang hingga satu jam.
Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Eksim

Untuk mengatasinya ada beberapa langkah atau yang perlu disediakan yaitu :

Pertama, silahkan sediakan Daun kaki kuda/pagagan yang dikerinkan dan yang sudah menjadi bubuk/serbuk sebanyak 1 (satu) sendok makan lalu diseduh dengan air panas mendidih sebanyak 3/4 cangkir, dan tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Kemudian jika sudah terasa hangat-hangat kuku lalu diminum sebagai pengganti teh atau kopi. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari atau bilamana terasa haus.

Kedua, sediakan buah ceplukan yang telah masak sebanyak 8-10 buah, lalu cuci sampai bersih kemudian dimakan satu persatu 3 kali sehari (10 buah).

Ketiga, sediakan daun meniran sebanyak 3/4 genggam dicuci bersih lalu direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas hingga tinggal 3/4-nya. Sesudah itu disaring lalu diminum dengan madu secukupnya. Lakukan sebanyak tiga kali sehari.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Nah demikian postingan kali ini mengenai Cara Mengatasi Epilepsi Atau Eyan/Cara Mengatasi Penyakit Epilepsi, semoga bermanfaat dan berguna.
Sampai jumpa di postingan berikutnya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Template Blog NJW V2 Updated at: 11.1.16

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Masukkan Pesan, Komentar Anda Sesuai Dengan Artikel.
Jika Anda Mau Menempatkan Alamat URL, Silahkan Ganti Nama Anda Dengan Alamat URL Anda.
Jika Alamat URL Tersebut Dapat Merugikan Blog (Terutama Untuk Iklan AdSense) Akan Dihapus.
Terima Kasih.